Kamis, 06 Oktober 2011

Kenalkan Tren Kerudung Indonesia Lewat Scarf Batik

Batik Muyas - Bandung, Sebagai salah satu negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, potensi Indonesia menjadi kiblat fesyen muslimah sangat terbuka. Salah satu fesyen desainer di Bandung Irna Mutiara melirik celah tersebut. Kerudung dipilih menjadi tren di kalangan muslimah di dunia.

"Bisa dibilang kita negara yang muslimahnya termasuk banyak. Tapi kok belum punya kerudung yang khas, sementara di Indonesia banyak banget yang pakai kerudung," tutur Irna kepada detikbandung.

Irna kemudian memutar otak untuk mewujudkan keinginannya membuat kerudung khas Indonesia. Hasilnya ia memutuskan untuk membuat kerudung motif batik. Tentu saja, karena batik sudah menjadi warisan budaya dunia dan sangat mewakili Indonesia.

Keanekaragaman jenis batik yang ada di Indonesia cukup menginspirasi Irna. Dari sekian banyak motif, yang dipilih Irna saat ini adalah motif batik Jabar, seperti batik khas Garut dan Tasikmalaya.

"Tapi tidak menutup kemungkinan nanti ada corak batik dari NTB, atau motif khas daerah lainnya. Saya melihat potensi apa saja yang bisa diaplikasikan pada kerudung buatan saya," terang Irna kepada detikbandung.

Gayung bersambut, mimpi Irna untuk membawa tren kerudung Indonesia ke luar negeri tercapai. Kerudung batiknya laris diminati para muslimah di berbagai negara, salah satunya Malaysia.

"Mudah untuk menawarkan ke luar (negeri). Tapi kalau di Indonesia sendiri kan tren harus mencoba memakainya. Kalau bagus orang-orang mau pakai," terang Irna.

Memakai merek Ina Scarf, Irna bertekad untuk menjadikan Indonesia sebagai kiblat fesyen muslimah.

"Ina itu artinya Indonesia. Jadi Ina Scarf itu kerudungnya Indonesia," jelasnya.

Bahan kerudung batik buatan Irna menggunakan katun viskos. Bahan tersebut memang cocok dibuat kerudung dan tidak membuat pemakainya kegerahan.

Kerudung batik ini cocok dipadukan dengan pakaian polos yang warnanya disesuaikan dengan motif batik.

(avi/bbn)

Sumber : http://bandung.detik.com/read/2011/10/06/090456/1737926/686/kenalkan-tren-kerudung-indonesia-lewat-scarf-batik

0 komentar:

Posting Komentar

Open Panel

Informasi Produk

  • Bahan Batik Seragam
  • Model Seragam Batik Pria
  • Model Seragam Batik Wanita
  • Seragam Batik Eksklusif
  • Batik Klasik Yogyakarta
  • Batik Indonesia