Senin, 16 Januari 2012

Mahasiswa Undip Promosikan Batik di ‘Sidang PBB’

Batik Muyas - REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang akan mengirim delegasi ke ajang Harvard National Model United Nation (HNMUN) pada 13 Februari 2012 mendatang di Amerika Serikat. Ajang tersebut merupakan program untuk memperkenalkan kepada mahasiswa dari sejumlah negara mengenai mekanisme persidangan di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Delegasi Indonesia akan memanfaatkan ajang tersebut untuk mempromosikan Batik sebagai warisan dunia. Penyelenggaraan HNMUN akan digelar pada 16-19 Februari 2012.

“Kami akan mengenakan batik dalam ajang simulasi itu. Setidaknya bisa membantu mempromosikan warisan budaya leluhur,” kata Michael Laurent, salah satu delegasi Undip dalam HNMUN 2012, di Semarang, Senin (16/1).

Ajang HNMUN 2012 diikuti perwakilan perguruan tinggi dari 35 negara.Namun ajang itu mensyaratkan setiap delegasi tidak diperbolehkan mewakili negara asalnya, seperti Undip yang pada ajang itu ditunjuk mewakili Kirgistan.

Michael mengakui, tidak diperbolehkannya delegasi mewakili negara asal itu memang dimaksudkan menjaga objektivitas kajian permasalahan yang akan diangkat, sekaligus mendorong empati sesama warga negara.

Meski ‘tidak mewakili’ Indonesia, Michael mengatakan, akan menyiasatinya dengan kesepakatan seluruh delegasi Undip untuk mengenakan batik dalam setiap simulasi sidang yang terbagi dalam sembilan komite itu.

Delegasi yang dikirim berjumlah 15 orang, yakni Faizal Fajar Nurroji, Erlangga Kristanto, Banun Diyah, Teguh Iman Prastyo, Ayu Hapsari Aditiyanti, Friska Finalia, Rosiana Irta, Aji Bramantyoaji, Michael Laurent, Finta Elvira, Risti Merdikawati, Astrid Karina Putri, Husein Ahmad, Nydia Rena Benita, dan Fadel Muhammad Garishah .

Michael menambahkan, pada ajang HNMUN juga digelar pergelaran “culture night” yang bisa dimanfaatkan setiap delegasi untuk mengenalkan dan mempromosikan berbagai potensi unggulan yang dimiliki negaranya, termasuk Indonesia.Selain Undip, delegasi Indonesia juga akan diwakili UI, ITB, dan Unpad.
Redaktur: Ramdhan Muhaimin

Sumber: Antara

0 komentar:

Posting Komentar

Open Panel

Informasi Produk

  • Bahan Batik Seragam
  • Model Seragam Batik Pria
  • Model Seragam Batik Wanita
  • Seragam Batik Eksklusif
  • Batik Klasik Yogyakarta
  • Batik Indonesia